Minggu, September 22, 2024
spot_img

Mahasiswa KKN-T Kelompok 9 D-20 Unira Malang, Gelar Seminar Pendidikan

Mahasiswa Kelompok 9 KKN-T D-20 Unira Malang Tahun 2023 Gelar Seminar Pendidikan bertempat di Dusun Krajan, Desa Pala’an Kecamatan Ngajum dengan mengusung Tema “Sosialisasi Akhlak dan Minat Belajar” yang dilaksanakan di SDN 2 Palaan pada 1 Februari 2023.

Adapun Pemateri dari Sosialisasi Akhlak ini di bawa oleh Bapak Hasan Samsudin salah satu anggota bidang Agama pada KKN-T Kelompok 9 di Desa Palaan,  Sasaran kegiatan dari Seminar Pendidikan ini adalah siswa – siswi kelas 5 di SDN 02 Palaan.

Selanjutnya pria yang akrab disapa Hasan ini menyampaiakan dalam pemaparan materinya yaitu “kemajuan suatu bangsa dipengaruhi oleh Akhlak bangsa tersebut. Bangsa yang menjunjung tinggi dan membiasakan akhlak mulia diikuti dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tinggi akan berpotensi menjadi bangsa yang maju di perhitungkan dalam kancah dunia. “Adapun tujuan dari Soialisasi Pendidikan Akhlak Mulia ini adalah untuk membantu Guru dan pihak sekolah dalam merencanakan, mengevaluasi Pendidikan Akhlak Mulia di Sekolah, selain itu juga membantu guru dalam menentukan strategi maupun model pembinaan akhlak mulia yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan siswa” Imbuhnya.

Selain itu, pria yang juga menjadi angogota banser di singosari ini menyampaikan materi sosialisasi Akhlak diantaranya, tentang taat kepada Tuhan sesuai perintah agama, toleransi serta saling mengasihi kepada sesama, dan memberi teladan kepada yang lebih muda. Selain itu, yang diharapkan dalam kegiatan ini para peserta dapat menerapkan nilai-nilai akhlak mulia yaitu, jujur, ikhlas, rendah hati, kasih sayang, disiplin, santun, percaya diri, hemat, pantang menyerah dan adil.

Selanjutnya, ia juga menyampaikan manfaat sosialisasi pendidikan akhlak mulia ini adalah, agar para siswa taat dan patuh pada peraturan yang ada, siswa dapat menunjukkan perilaku interpersonal sesuai tatanan norma-adat istiadat yang berlaku, menciptakan serta memelihara perdamaian, dan melaksanakan tugas secara sungguh-sungguh. Selain itu siswa juga diharapkan berani menanggung konsekuensi dari sikap, perkataan, dan tingkah lakunya” Pungkasnya.

Penulis: Mahmudah Qolbiyatus Syifa (Mahasiswa KKN-T Kelompok 9 D-20 Unira Malang) | Editor: Moh. Ahsan Shohifur Rizal

 

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
-- advertisement --spot_img

Jangan Lewatkan

Terkini