Jumat, September 20, 2024
spot_img

Gelar Rukyatul Hilal di Pantai Ngeliyep, Berikut Alasan LFNU Kabupaten Malang

Malang, NUMALANGID

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Malang menggelar Rukyatul Hilal Penentuan 1 Syawwal 1445 Hijriyah di Menara Pandang, Teluk Putri, Pantai Ngliyep, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Selasa (09/04/2024).

Ketua PC LFNU Kabupaten Malang, KH Ach Noer Junaidi menyampaikan bahwa pihaknya melaksanakan Rukyatul Hilal dari ketinggian 17 MDPL.

“Berdasarkan hasil hisab LFNU Kabupaten Malang tinggi hilal mar’i sudah mencapai 5 derajat 57 menit. Kemudian, elongasinya di 9 derajat 19 menit. Jadi sudah diatas rata-rata MABIM. Letaknya di Utara matahari sekitar 5 derajat atau di Utara titik barat di 13 derajat,” katanya saat dikonfirmasi NU Online Jatim.

Gus Jun sapaannya juga menyampaikan pemilihan lokasi Menara Pandang, Pantai Ngeliyep dipilih lagi menjadi tempat Rukyatul Hilal lantaran, LFNU Kabupaten Malang menilai Rukyatul Hilal yang digelar di Command Center lt 9 Kominfo Gedung Pemerintah Kabupaten Malang biasanya terkesan hanya seremonial saja.

“Terus saja, di Pemkab selama ini terkesan formalitas saja, ufuknya kurang bagus. Tempat Rukyatul hilalnya belum maksimal dan anggotanya terbatas. Sehingga kami pilih di sini yang lebih representatif,” terangnya.

Berdasarkan pantauan NU Online Jatim, Rukyatul hilal di Menara Pandang Pantai Ngeliyep diikuti oleh Stasiun Geofisika BMKG Malang, Kemenag Kabupaten Malang, Pemkab Malang, dan beberapa pesantren yang terlibat.

(NOJ/Moch Miftachur Rizki)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
-- advertisement --spot_img

Jangan Lewatkan

Terkini