Minggu, September 22, 2024
spot_img

Pasca Ujian Semester, Madrasah Aliyah Al-Khoirot, Gelar Seminar Jurnalistik, Mengusung Tema “Menulis Itu Penting”

NUMALANG.ID-Malang, Madrasah Aliyah Al-Khoirot Malang telah mengadakan kegiatan (Class Meeting) dalam rangka mengisi kegiatan pasca Ujian Akhir Semester (UAS) yang selesai pada hari Selasa, 27 Juni 2023. Class Meeting dimulai pada hari Sabtu, 01 Juli 2023-Rabu, 05 Juli 2023. Adapun kegiatan seminar Jurnalistik dilaksanakan pada Minggu, 2 Juli 2023 kegiatan tersebut mengusung tema “Menulis Itu Penting”. Pemateri dalam seminar ini adalah Dr. Moh. Ahsan Shohifur Rizal, M.Pd. Dosen Tadris Bahasa Indonesia IAI Al-Qolam Malang juga redaktur NUMALANG.ID Lembaga Ta’lif  wan Nasr PCNU Kabupaten Malang. Kegiatan ini diikuti oleh siswa putra Madrasah Aliyah Al-Khoirot. Acara berlangsung di aula masjid Al-Madinah (PP. Al-Khoirot) mulai pukul 07.30 WIB hingga selesai.

Kegiatan seminar jurnalistik ini, pemateri menyampiakan materi “belajar jurnalistik itu asik”. Ahsan, sapaan akrab pemateri seminar jurnalistik ini, menuturkan “saya menyampaikan materi ini agar siswa MA Al-Khoirot bisa senang belajar menulis dan mengahasilkan produk jurnalistik di lingkungan madrasah dengan beragam karya”

Selain itu, pria yang juga Alumni Pondok Pesantren Gasek Malang tersebut, memberikan tips dan trik bagaimana melakukan wawancara agar menghasilkan data yang valid dan kredibel. Ia mengajarkan praktik wawancara dengan memanggil salah satu siswa yang menjadi narasumbernya dan pemateri sebagai jurnalisnya. Selanjutnya, semua peserta diminta untuk membentuk kelompok mencoba untuk melakukan wawancara.

Jika ingin memiliki tulisan yang baik, maka lakukan hal ini, ada 9 langkah yang harus ditempuh seorang agar memiliki tulisan yang baik. Tips ini terisnpirasi dari penulis Novel Tere Liye, caranya adalah 1-8 membaca dan ke 9 baru menulis. Ungkapnya.

Berikutnya, ada poin penting yang disampaikan pemateri terkait peran penting Jurnalis Madrasah, Ia menyampaikan Peran jurnalis Madrasah mencakup berbagai tugas dan tanggung jawab yang berkaitan dengan jurnalisme dan pemberitaan di lingkungan Madrasah. Bisa melakukan beberapa hal, diantaranya peliputan berita madrasah, menulis artikel dan laporan mengedit dan menyunting mengelola media madrasah.

Harapanya kegiatan jurnnlistik di MA Al-Khoirot terus dikembangkan karena Madrasah telah memiliki produk jurnalistik yang terbit pada setiap bulan. Pungkasnya.*

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
-- advertisement --spot_img

Jangan Lewatkan

Terkini