Jumat, September 20, 2024
spot_img

PCNU Terjunkan Relawan, ‘Serbu’ Lokasi Bencana Banjir di Malang Selatan, 500 Relawan Disebar di 4 Titik

NUMALANG.ID — Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten malang menerjunkan Relawan ‘Serbu’ ke berbagai lokasi banjir di kawasan Malang Selatan, Kamis 27 Oktober 2022.

Relawan berjumlah 500 orang dari unsur Pengurus PCNU, lembaga, Banom serta MWCNU se Kabupaten Malang. Mereka di sebar ke 4 titik berbeda.

Relawan bergerak serentak menuju lokasi bencana dan diberangkatkan oleh Rais Syuriah PCNU Kab. Malang KH. Zainal Arifin dari Kantor Gedung Serbaguna PCNU Kab. Malang pukul 08.00

Sebelum berangkat, juga dipimping oleh Rais Syuriah PCNU Kab. Malang KH. Zainal Arifin.

Selanjutnya, para relawan asal Lembaga, Banom serta MWCNU se-Malang Raya itu berpencar menuju empat lokasi berbeda: Kec. Ampelgading, Tirtoyudo, Sumbermanjing Wetan, dan Gedangan. Tim terbagi sesuai dengan empat pos yang ditetapkan.

Informasi dari Poslap PCNU Kabupaten Malang Tim Relawan PCNU Kab. Malang terbagi beberapa Poslap. Yakni Ampelgading terdiri dari MWCNU Kepanjen, Dampit, UNIRA, STIT Ibnu Sina, Pagarnusa, Fatayat dan GP Ansor.

Sedangkan Tirtoyudo tim yang dikerahkan MWCNU Bululawang, Pakisaji, Kalipare Tirtoyudo, Pagarnusa, Fatayay, GP Ansor dan Pergunu.

Selanjutnya tim yang di Pos Lap Sumbermanjing wetan yakni MWCNU Dau, Ksaembon, Singosari, Poncokusumo, Sumbermanjing wetan, Pagarnusa, Fatayat, GP Ansor IAI Al-Qolam dan LP Ma’arif.

Untuk Tim Relawan yang ke Poslap Gedangan terdiri dari MWCNU Turen, Wagir, Jabung, Lawang, Gedangan, LKNU, LKNU, Fatayat dan GP Ansor.

Di sana, mereka akan bahu-membahu melakukan bakti sosial; membersihkan rumah, tempat ibadah, dan fasilitas umum. Pengurasan sumur juga akan dilakukan.

Saat memberikan sambutannya sebelum pemberangkatan, Wakil Ketua PCNU Malang, dr. Umar Usman, M.M mengatakan, PCNU mempunyai 18 Lembaga dan 14 Banom.

“Ibaratnya kita itu satu tubuh, bergerak satu komando, kita satu barang tubuh NU. Kita bisa kerjasama dengan yang lain. Ini adalah cerminan yang baik,” ujarnya, Kamis.

Dalam hal ini, PCNU Kab. Malang tidak diam, respons cepat NU menunjukkan ghirah kepeduliannya kita kepada masayarakat yang terdampak bencana Banjir dan tanah longsor di Malang Selatan dengan kegiatan bersama bakti sosial.

“Saya berharap kebersamaan ini terus kita jaga. Semua bergerak dalam satu wadah NU. Jaga kerukunan dan kebersamaan. Kab. Malang sangat rawan bencana, maka kita jaga nafas kita karena Kab Malang masih kondisi hujan. Terus konsolidasi untuk meningkatkan pengabdian kita kepada bangsa dan negara,” Pungkasnya.

Empat lokasi yang ‘diserbu’ relawan NU itu merupakan beberapa kawasan terdampak bencana banjir, tanah longsor, dan luapan air yang terjadi setelah diguyur hujan lebat sejak Ahad (16/10/2022) malam hingga Senin (17/10/2022).

Pantuan NUMALANG.ID di Poslap Kantor MWCNU Sumbermanjing wetan, Koordinator Poslap Zainal menyampaikan terima kasih kepada para relawan yang telah membantu meringankan saudara kita yang terdampak banjir dan tanah longsor di Malang Selatan.(**)

Penulis: Ahsan Shohifur Risal | Editor: Hari Istiawan

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
-- advertisement --spot_img

Jangan Lewatkan

Terkini