Jumat, September 20, 2024
spot_img

Pengurus NU Jadi Pelopor Gerakan Kebaikan Jadikan Kebiasaan

NUMALANG.ID, Malang-Menebar kebaikan bisa berwujud dalam banyak hal, Ketua Tanfidzh NU Ranting Kendakerep Kota Malang menumbuhkannya lewat cara lain. Ia menghidupkan dan mengembangkan berbagai kegiatan di masyarakat. Taman Bacaan Masyrakat (TBM) Teras Jalan Sebuku Gang IV No 1 Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, Kota Malang jadi salah satu bukti kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar.

Dibalik sosok yang sederhana ia mampu mengembangkan Taman Bacaan Masyarakat dengan ribuan koleksi buku yang dapat diakses oleh siapapun secara gratis.

Bukan hanya taman baca, sosok yang sering di panggil Rukhan ini menyediakan bimbingan belajar secara gratis di hari Senin hingga Jumat. Hari Sabtu digunakan untuk kesenian yakni Banjari dan hari Minggu di isi dengan acara edukatif lainnya. Ragam kegiatan tersebut disambut baik oleh warga, terutama mengenai latihan Banjari.

“Dulu alatnya masih sederhana tapi saya dibantu jamaah tahlil untuk memenuhi alat banjari” ungkapnya.

Ruhkan menggerakan anak-anak lingkungannya untuk berlatih kesenian tersebut tanpa adanya biaya sepeserpun. Kesenian banjari ini melatih mereka untuk percaya diri. Pasalnya mereka tidak hanya berlatih lalu selesai, mereka aktif tampil diacara-acara seperti khitanan, Maulid dan DIba’ .

“mereka aktif menghadiri undangan kegiatan-kegiatan warga.” ujarnya.

Tak mudah memang, terhitung tujuh tahun sejak berdirinya TBM Teras. Kegiatan ini telah menjadi rutin dilakukan. Perlahan kelompok anak-anak beranjak dewasa. Salin mereka melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi, kini mereka juga ikut menjadi anggota sukarelawan dalam pengelolaan dan pengondisian kegiatan TBM Teras.

TBM Teras tidak hanya fokus pada tempat membaca, lebih dari itu seluruh kegiatan dikemas menarik dan jadi pusat pendidikan kreativitas. Kegiatan-kegiatan tersebut banyak membawa manfaat untuk lingkungan sekitarnya.

Ia sangat berpegang teguh dengan pendiriannya bahwa orang sholeh tidak cukup menjadi orang baik, tapi turut memperbaiki keadaan yang ada dilingkungan.

Rukhan menegaskan, semua pengurus harus bisa menjadi muslim yang menebar kabaikan dan tidak hanya sekedar untuk dirinya sendiri. Setidaknya kebaikan untuk manjadikan anak-anak bahagia dan tidak tertinggal ditengah zaman yang terus berkembang.

Penulis: Vranola Ekanis Putri| Editor: Moh. Ahsan Shohifur Rizal

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
-- advertisement --spot_img

Jangan Lewatkan

Terkini