Sabtu, September 21, 2024
spot_img

Resepsi Hari Santri Nasional 2022 di Malang, Saatnya Cetak Kiai dan Santri yang Saudagar

NUMALANG.ID — PCNU Kabupaten Malang menggelar Resepsi Hari Santri Nasional 2022 sekaligus Kick Off 1 Abad Nahdlatul Ulama di Pesantren An-Nur 2, Bululawang, Kamis 20 Oktober 2022.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki yang hadir dalam acara ini mengatakan, tahun 2045 Indonesia diprediksi akan menjadi salah satu dari empat kekuatan ekonomi dunia setelah Amerika, China, India.

Teten yang mantan aktivis antikorupsi ini menginginkan kekuatan ini muncul dari kalangan pesantren, khususnya para santri.

Menurutnya, presiden sudah meluncurkan program kewirausahaan dan ingin menambah satu juta wirausahawan baru. “Kita sudah keliling ke pesantren-pesantren untuk mengajak para kiai, untuk mencetak kiai dan santri yang saudagar,” katanya.

Teten menyebut, ekonomi digital sudah tidak bisa dihindari lagi. Sehingga semua kalangan harus masuk ke wilayah ini.

Dan diprediksi ekonomi digital di Indonesia akan menjadi terbesar di Asia Tenggara. “Karena itu jangan sampai kekuatan ekonomi digital ini dikuasai oleh produk-produk dari luar negeri,”ujarnya.

Ia menyebutkan, saat ini sudah 10,2 juta UMKM di Indonesia yang terhubung dengan platform digital. Namun, produk yang dijual masih didominasi produk-produk impo. Karenanya, lanjut Teten, semangat sarikat dagang harus dirubah menjadi sarikat produksi.

“Dan di Malang ini ternyata koperasinya kuat dalam produksi. Selain sapi, ada tebu dan gula yang luar biasa di Malang,” katanya.

Selain Menteri Teten, Bupati Malang, TNI dan Polri, serta perwakilan dari PBNU turut memeriahkan acara ini.

Penulis: Mochamad Ghufron

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
-- advertisement --spot_img

Jangan Lewatkan

Terkini