Kamis, September 19, 2024
spot_img

Orasi di Hadapan 10 Ribu Kader Ansor, Gus Yaqut: Kita Kelak ‘Digandholi’ KH Hasyim Asy’ari

NUMALANG.ID, MALANG – Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor yang juga Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, menyampaikan orasi kebangsaan saat menghadiri Apel Merah Putih yang digelar GP Ansor Kabupaten Malang di Stadion Kahuripan, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Ahad (22/1/2023).

Ia menegaskan bahwa kader Ansor dan Banser selamanya tidak akan meninggalkan Pancasila. “Pancasila tetap harga mati, kita kawal semua falsafah yang ada dalam Pancasila di dalam diri kita. Saya yakin kita semua kelak akan digandholi oleh Hadratussyeikh KH Hasyim Asy’ari,” ujarnya dalam orasi tersebut.

Sebanyak 10 ribu kader Ansor dan Banser, mulai tingkat Ranting hingga Pengurus Anak Cabang (PAC) se-Kabupaten Malang, mengikuti perhelatan ini.

Sebanyak 10 ribu kader Ansor dan Banser menyimak orasi kebangsaan Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas pada Apel Merah Putih Ansor-Banser Malang 22 Januari 2023. [Foto: Dok. Ansor Turen/Miftahul Huda]
Hadir dalam apel akbar tersebut Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jatim), H Sanusi (Bupati Malang sekaligus Penasihat GP Ansor Kabupaten Malang), Wakil Bupati Didik Gatot Subroto, jajaran aparatur pemerintahan, anggota DPR, DPRD, Forkampimda, Kapolres, dan Kodam Brawijaya.

Tak ketinggalan jajaran Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Malang, mulai Ketua Tanfidziyah KH Hamim Kholili hingga Rais Syuriah KH Zainal Arifin. Para kader dari lembaga-lembaga NU serta badan-badan otonom NU juga hadir. Begitu pula ormas-ormas lain di Kabupaten Malang.

Dalam orasinya, Gus Yaqut juga menyampaikan pesan terkait resepsi Puncak Peringatan 1 Abad Nadhlatul Ulama (NU) di Stadion Gelora Delta Sidoarjo tanggal 7 Februari 2023 mendatang. Ia berharap seluruh kader Ansor dan Banser bisa menghadiri acara tersebut.

“Mari kita sukseskan resepsi Puncak Harlah 1 Abad NU di GOR Delta Sidoarjo. Tunjukkan kita adalah kader terbaik dan setia kepada keutuhan NKRI. Karena kita dilatih, dididik bukan untuk dusta, ingkar atau mengkhianati kecintaan loyalitas kita kepada agama dan negara, apalagi kepada kiai,” ucapnya.

24 Jam di Gelora Delta

Acara Resepsi Puncak Peringatan 1 Abad NU di Stadion Gelora Delta Sidoarjo akan berlangsung 24 jam, mulai pukul 00.00 WIB dini hari Selasa (07/02/2023) dan akan berakhir pukul 00.00 dini hari Rabu (08/02/2023).

Sebagaimana diberitakan NU Online, ada lima segmen dalam acara tersebut. Pertama, segmen ritual NU sesuai adat pada pukul 00.00-07.30 WIB. Acara ini berpusat di panggung parkir timur stadion.

Segmen kedua berupa resepsi yang akan dihadiri Presiden RI dan para ulama sedunia. Acara pada pukul 07.00-11.00 WIB diawali pembacaan istighotsah. Setelah itu ada pembacaan puisi oleh KH Zawawi Imron dan pemukulan bedug digital sebagai pertanda memasuki abad kedua NU.

Segmen ketiga dijadwalkan berlangsung pukul 14.00-17.30 WIB. Acaranya berupa karnaval nusantara dari alun-alun Sidoarjo hingga parkir timur Stadion Gelora Delta. Karnaval ini bakal diiringi penampilan kolosal ribuan kader Banser.

Segmen keempat berupa hiburan rakyat pada pukul 18.00-23.00 WIB di dalam Stadion Gelora Delta. “Tiga grup band yang akan mewakili tiga lapisan masyarakat Sidoarjo dan sekitarnya, yakni Maher Zain, Slank, dan Rhoma Irama,” kata juru bicara panitia Resepsi Puncak 1 Abad NU, H Rahmat Hidayat Pulungan.

Segmen kelima berupa bazaar UMKM hingga kuliner nusantara. Kegiatan di area parkir timur stadion ini berlangsung pukul 00.00-23.55 WIB. []

Penulis: Ali Rofiq, Arif | Redaktur: Munib Rofiqi

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
-- advertisement --spot_img

Jangan Lewatkan

Terkini