Kamis, September 19, 2024
spot_img

Mahasiswa PPL-K Unisma Beri Tausiah Pada Kegiatan Jum’at Istighosah: Tiga Cara Mensyukuri Nikmat

numalang.id- Momentum dibulan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 79 tidak disia-siakan salah satu mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan-kependidian (PPL-K) Universitas Islam Malang (UNISMA) berkesempatan menjadi pendakwah sekaligus khotib pada salat Jum’at. Kegiatan pembiasaan siswa ini rutin berlangsung setiap hari Jum’at di SMA Negeri 1 Malang. 

Kegiatan diawali dengan lantunan sholawat oleh grup hadroh SKI SMA Negeri 1 Malang. Diantaranya lantunan lagu sholawat pun didendangkan sembari menunggu semua siswa berkumpul di lokasi. Dan dilanjutkan dengan pembacaan surah Yasin dipandu langsung oleh salah satu guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Malang, Ustadzah Wahyu.

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Agama Islam (FAI), Universitas Islam Malang Mohammad Alfin dalam penyampaian tausiahnya membahas mengenai pentingnya bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan.

Menurutnya terdapat 3 cara menyukuri nikmat, antara lain: pertama, Syukur Bil Lisan (bersyukur dengan menggunakan lisan) bersyukur bil lissan dapat dilakukan dengan mengucap hamdallah disetiap mendapat nikmat dari Allah. Kedua, Syukur Bil Jinnan (bersyukur dengan menggunakan hati) dalam hal bersyukur tentu tidak cukup hanya mengucap hamdallah di lisan, namun hati juga harus bisa mempresentasikan rasa syukur tersebut dengan tidak menganggap remeh. Ketiga, Syukur Bil Arkan (bersyukur dengan menggunakan tindakan) jadi tidak cukup hanya sekedar menyukuri nikmat bil lisan dan bil jinnan saja, namun lebih dari itu.

Foto: Istimewa

“Ketika kita menjalankan segala apa yang di wajibkan dan diperintahkan oleh Allah dan RasulNya, tentu itu juga merupakan salah satu bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan,” imbuhnya pada (23/08/24)

Kegiatan berjalan dengan tertib dan lancar, serta diakhiri dengan pembacaan doa penutup yang dipimpin oleh Bapak Ahmad Suyono salah satu guru mata pelajaran PAI.

Menurutnya Suyono, Semua siswa mendapatkan manfaat yang besar dari materi tausiah yang disampaikan dan diharapkan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
-- advertisement --spot_img

Jangan Lewatkan

Terkini