Kamis, September 19, 2024
spot_img

Terbanyak, Makesta PK IPNU-IPPNU Pakis KAbupaten Maang diikuti Ratusan Peserta

Pakis, numalang.id-Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) adalah sebuah jenjang pengkaderan formal untuk menjadi anggota IPNU IPPNU. Dari pentingnya jenjang pegkaderan tersebut, maka Pimpinan Komisariat (PK) IPNU IPPNU yang ada di wilayah Kecamatan Pakis mengadakan kegiatan Makesta secara serentak.

Pengkaderan ini dilaksanakan selama Tiga hari, mulai hari Kamis-Sabtu, (18-20/07/24) di Yayasan Pendidikan Nahdlatul Ulama Islamic School (NUIS) Campus Pakis, yang didampingi oleh pengurus PAC IPNU IPPNU Departemen Kaderisasi dan Departemen Jaringan Sekolah dan Pesantren.

Kegiatan yang diikuti sebanya 506 peserta itu, terdiri dari lembaga sekolah SMP NU jumlah 211 peserta, SMA NU 178 peserta, dan SMK NU Pakis jumlah 117 peserta.

Dalam kegiatan makesta dihadirkan para pemateri-pemateri yang berkompeten di bidangnya dipandu oleh para instruktur handal, para peserta juga dibekali pemahaman ideologi Aswaja, NU, IPNU IPPNU dan Ke-Indonesia-an serta diimbangi dengan wawasan softkill (Keorganisasian dan Kepemimpinan).

Wakil Ketua 2 bidang Kaderisasi PC IPNU Kabupaten Malang Qitfirul Aziz menjelaskan, IPNU-IPPNU dapat menjadi tolok ukur dan percontohan di Kabupaten Malang.

“Saya rasa ini penting untuk ditanamkan secara dini karena bagaimanapun IPNU IPPNU adalah salah satu tonggak estafet daripada penerus NU dimasa mendatang. Mudah mudahan Allah meridhoi disetiap langkah laju gerak IPNU IPPNU agar senantiasa dapat melahirkan pribadi pelajar yang tangguh, cerdas dan, berilmu luhur,” bebernya kepada numalang.id (21/07)

“Karena NUIS telah memiliki basis yang kuat dari IPNU-IPPNU, dan CBP KPP. Meskipun demikian, menjadi pekerjaan rumah bagi Jaringan sekolah pesantren dan Kaderisasi untuk mengawal penuh kegiatan ini hingga terlaksana sesuai harapan. Perlu diketahui bahwa di Malang batas maksimal peserta makesta adalah 50 orang,” sambungnya

Selain itu, dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU Pakis juga memberikan ruang untuk peserta dan panitia dalam mengembangkan keterampilan kepemimpinan, komunikasi dan kolaborasi.

Selain kegiatan makesta ini bertujuan untuk pengkaderan juga melatih peserta dan panitia agar menjadi pelajar NU yang mampu berkontribusi dalam hal positif di Masyarakat.

Dalam kesemepatan yang sama, hadir dan menjelaskan Stevan Akbar Pratama Wakil Ketua 3 bidang Jaringan Sekolah dan Pesantren PAC IPNU Pakis, berharap, pelatihan ini didesain dengan muatan-muatan yang sesuai dan dapat dipahami oleh peserta, serta pasti ada campur tangan dari instruktur lokal.

“Saya mengetahui bahwa teman-teman PAC bekerja sangat keras dan saya salut kepada PAC IPNU IPPNU PAKIS atas perjuangan mereka hingga kegiatan ini dapat terlaksana.” Tutupnya

Pewarta: Azizatul Chusna (Anggota Departemen Kaderisasi, PAC IPPNU Pakis)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
-- advertisement --spot_img

Jangan Lewatkan

Terkini