Kamis, September 19, 2024
spot_img

Ingin dorong minat baca santri, PC IPNU IPPNU Kab. Malang ikuti Sosialisasi Literasi Pondok Pesantren

dok: foto delegasi dari PC IPNU & PC IPPNU Kabupaten Malang

Malang-Dinas Perpustakaan dan Arsip (Diperpusip) Jawa Timur mengundang pondok pesantren se Malang raya gelar sosialisasi literasi pondok pesantren dengan tema “Literasi santri jayakan negeri”, yang diadakan selama dua hari mulai hari selasa-rabu (21-22/05/24) di Hotel the Alana, Blimbing Malang.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 100 santri yang diwakili dari masing-masing banom NU RMI, IPNU IPPNU, dan pondok pesantren se Malang Raya.

Staff Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Jawa timur Suprotomo mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meluaskan jangkauan layanan perpustakaan ke pondok pesantren, sehingga masih melestarikan naskah kuno.

Suprotomo menyebutkan kegiatan ini bersinegritas dengan wakil ketua komisi E DPRD Jatim untuk sosialisasikan begitu pentinya pelestarian dan kearsipan naskah kuno dipondok pesantren.

Dikesempatan lain Syahrul Mubaroq ketua PC IPNU Kabupaten mengapresisi diadakannya kegiatan ini untuk sebagai ajang silaturahmi pondok pesantren se Malang Raya dan mendorong untuk mendirikan perpustakaan dan budaya literasi dilingkup pondok pesantren.

“semoga pasca kegiatan ini, perwakilan dari masing-masing pondok pesantren atau lembaga yang diutus dapat mengimplementasikannya,” imbuhnya

dok: suasana seminar sosialiasi  literasi

Sementara itu, Syaiful dari pondok hadramaut kota batu mengatakan senang mengikuti sosialisasi ini bisa mendapat informasi baru yang sangat berguna dalam ketrampilan membangun literasi santri.

Syahrul berharap dengan merawat literasi melalui perpustakaan ini bisa memberi kebermanfaatan bagi semua santri dan masyarakat.

“masih banyak santri dan pelajar masih meraskan sulit untuk menumbuhkan minat baca, maka dengan hadirnya kegiatan ini minat santri akan tumbuh kembali,” tutupnya (22/5)

 

 

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
-- advertisement --spot_img

Jangan Lewatkan

Terkini