Kamis, September 19, 2024
spot_img

Baznas Jatim Serahkan Bantuan Hewan Ternak Kambing Rp. 150 Juta di Pesantren Rakyat Al-Amin Sumberpucung

NUMALANGID – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Timur (Jatim) mengadakan kegiatan penyerahan bantuan hewan ternak kambing di Pesantren Rakyat Al-Amin, Selasa (17/10/2023). Di pesantren asuhan Kiai Abdullah SAM ini, sebanyak 60 kambing betina senilai Rp. 150.000.000 diserahkan kepada 2 (dua) kelompok penerima dari Kecamatan Sumberpucung dan Dampit.

Pada seremonial penyerahan ini diberikan langsung oleh Wakil Ketua IV Baznas Provinsi Jawa Timur, Dr. KH. Khusnul Khuluq, M.M. Beliau didampingi oleh Ketua Baznas Kabupaten Malang, KH. Khoirul Hafiz Fanani, M.H dan jajaran wakil ketua. Selain itu, tampak ikut serta dalam kegiatan Kepala Desa Sumberpucung, Muhadi, pengurus PC ISNU Kabupaten Malang, kepala lembaga dan santri Pesantren Rakyat Al-Amin.

Sebelum ini, Pesantren Rakyat Al-Amin mengajukan permohonan kepada Baznas Jatim. Pada prosesnya, Kiai Abdullah SAM berkomunikasi intens dengan Wakil Ketua II Baznas Jatim, Dr. KH. Ahsanul Haq.

Ada 2 (dua) kelompok yang diajukan, masing-masing berisi 10 (sepuluh) orang. Penerima bantuan hewan ternak kambing ini adalah para mustahiq yang telah dipilih dari 5 kecamatan (Sumberpucung, Dampit, Kromengan, Kalipare dan Kepanjen). Dan masing-masing orang mendapat 3 (tiga) kambing betina.

Kiai Abdullah SAM berharap, adanya program ini bisa sebagai pemantik kebangkitan ekonomi masyarakat. Beliau turut berpesan agar kambing yang diberikan ini betul-betul dijaga dan akan terus dipantau perkembangannya.

“Awas! Kambing yang didapat ini jangan sampai dijual karena juga bibit-bibit berkualitas”, tegasnya.

Pengasuh pesantren yang menjabat Ketua PC ISNU Kabupaten Malang itu turut menceritakan semangat perjuangan Pesantren Rakyat yang saat ini sudah ada 133 titik di Indonesia dan sudah ada 17 yang kokoh berdiri di Malang. Walaupun gratis dan murah tetapi pesantren yang memiliki jargon merakyat bermartabat ini memiliki output santri yang berkualitas.

“Semoga Pesantren Rakyat bisa menjadi jawaban pertanyaaan rakyat khususnya nahdliyin terkait pendidikan hari ini”, harap Wakil Direktur Pesantren Center Nusantara ini.

Tak hanya di bidang pendidikan, Pesantren Rakyat ini berjasa memberikan pendidikan ekonomi kepada masyarakat. “Di sekitar lingkungan sini banyak pelatihan home industri yang hingga saat ini terus berkembang dan bisa membantu warga masyarakat Desa Sumberpucung serta desa-desa lainnya”, kata Kepala Desa Sumberpucung.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Malang, KH. Khoirul Hafiz Fanani, juga berpesan bantuan kambing ini untuk dirawat dengan sebaik-baiknya. Beliau menambahkan, kambing yang didapat tidak boleh disembelih, apalagi sampai dijual.

“Dirawat yang baik hingga bisa menghasilnya anak kambing yang banyak”, pintanya.

Untuk diketahui, program bantuan hewan ternak kambing di Kabupaten Malang ini adalah yang perdana. Informasi ini disampaikan langsung oleh Ketua Baznas Kabupaten Malang. Untuk itu, kepada para penerima, KH. Hafiz mengatakan bahwa harus berterima kasih kepada Baznas Jatim dan perjuangan Kiai Abdullah SAM dalam program ini (red).

“Bapak ibu doakan, Kiai Abdullah ini sehat, santrinya tambah banyak dan pondoknya tambah besar”, kata KH. Hafiz.

Tak ketinggalan, Dr. KH. Khusnul Khuluq turut memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kiai Abdullah SAM dan Pesantren Rakyat. “Beliau ini luar biasa karena berdakwah dengan ciri khas sendiri. Memiliki perbedaan strategi dan metode sendiri yang tidak konvensional. Kita bersyukur memiliki kader seperti beliau”, tuturnya.

“Semoga beliau istikamah dalam berjuang dan inilah banyak dibutuhkan nanti untuk membangun rakyat yang riil. Tidak hanya Cuma ceramah tetapi juga dakwah bil hal”, harap KH. Khusnul Khuluq. (cha)

Reporter: Chandra Djoego

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
-- advertisement --spot_img

Jangan Lewatkan

Terkini