Jumat, September 20, 2024
spot_img

Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Kelurahan Kebonagung, Pakisaji Menggelar Khitanan Masal

Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Kelurahan Kebonagung, Pakisaji mengadakan khitanan masal pada Minggu, 1 Oktober 2023. Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi Ranting NU Kebonangung bersama dengan RSU Wajak Husada.
Dengan total peserta mencapai 20 anak, khitan masal yang digelar di Gedung Madrasah Diniah Al-Muniib Sonotengah, Pakisaji ini sukses digelar.

Khitan atau dalam bahasa Arab adalah khatnun adalah tindakan memotong kulup (kulit bagian depan kelamin laki-laki) dengan tujuan tidak mudah terpapar kotoran sisa air seni yang menempel dikulit kelamin dalam.

Dalam sambutannya, Ust. Sholihan yang merupakan ketua panitia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk Khidmah NU kepada masyarakat. “Khitanan masal yang kita adakan bersama dengan RSU Wajak Husada ini merupakan keinginan kami-kami untuk berkhidmah kepada masyarakat”, terang Ust. Sholihan.

Selain acara Khitan masal, kegiatan ini semakin meriah dengan adanya pawai arakan keliling para peserta khitan diiringi drumband dari Banser Pakisaji.

Ketua panitia sekaligus ketua ranting NU Kebonangung tersebut menambahkan bahwa agenda khitanan seperti ini juga akan diadakan tahun depan.
“Insyaallah kita berencana mengadakan lagi di tahun depan agar supaya jaringan NU kita semakin luas dan mewarnai masyarakat”.

Banyak peserta dan pendamping antusias mengikuti serangkaian acara yang diadakan di gedung madrasah diniyah Al- Muniib ini. Salah satu peserta khitan, Ramon asal Ngajum mengatakan dirinya juga mengikuti khitan masal ini karena keinginan sendiri.

Peserta khitan mulai dari yang paling kecil usia 13 bulan sampai dengan usia SMP ini menjadi peserta perdana yang mengikuti khitan masal di PRNU Kebonangung 2023.

Rodli Fasya

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
-- advertisement --spot_img

Jangan Lewatkan

Terkini