Jumat, September 20, 2024
spot_img

Hari Kedua, Kirab Panji 1 Abad NU di Malang, Jabung-Tumpang-Poncokusumo

NUMALANG.ID – Perjalanan Tim Kirab Panji 1 Abad NU di hari kedua telah melewati Kecamatan jabung, Tumpang, dan Poncokusumo, Sabtu 28 Januari 2023.

Setelah beristirahat di Pakis, tim berangkat menuju Jabung pukul 07.45 WIB. Setibanya di Jabung, tim kirab langsung disambut oleh iringan tiga grup drumband dari Sekolah-sekolah yang ada di Jabung.

Grup seni Reog Mbah Bagong dan Bantengan dari Lesbui Kecamatan Jabung juga turut menyambut tim kirab.

Di sisi kanan dan kiri jalan dikelilingi pagar betis dari lembaga-lembaga pendidikan yang ada di sepanjang jalan protokol.

Pasukan kemudian berjalan sejauh 1 kilometer dari Masjid An-Nur hingga Pondok Pesantren Sunan Kalijogo, Jabung.

Acara kemudian dilanjutkan dengan serah terima Bendera Merah Putih dan Panji NU di halaman Ponpes Sunan Kalijogo.

Prosesi berjalan dengan khidmat, bendera merah putih diserahkan kepada Camat Jabung Kasyianto dan Panji NU diserahkan kepada Ketua Tanfidz MWCNU Jabung.

Camat Jabung dalam sambutannya berpesan bawha dengan adanya kirab ini selain bisa menjalin silaturahmi juga bisa menambah keimanan.

“Yang kedua kita harus memperjuangkan apa yang telah diwariskan oleh pendahulu-pendahulu kita, kita tinggal melanjutkan saja. Apalagi kita masuk di abad yang ke-2 supaya kita tetap semangat dan tetap optimis, bahwa kebangsaan kita ini harus kita bangun terus tiada henti-hentinya,” ujarnya.

Camat berpesan antara ulama dan umara tetap harus dijaga kekompakannya, bersatu untuk mendukung pembangunan masyarakat di Indonesia.

Terutama di wilayah Kecamatan Jabung, saya berterima kasih atas semua dukungan masyarakat yang begitu antusias dan begitu maksimal yang berkaitan dengan 1 Abad NU ini.

“Alhamdulillah kalau di Jabung ini semangat dan kompak dari semua unsur mendukung semua. Insya Allah kita akan bertemu lagi di Sidoarjo nanti,” katanya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan ziarah ke makam KH. Nur Salim dan membaa tahlil serta tabarukan ngaji kitab Arbain Nawawi. Tim lalu menggelar ramah tamah dengan MWCNU Jabung di ndalem Pondok Pesantren Sunan Kalijogo.

Tumpang
Tim Kirab Panji 1 Abad NU kemudian melanjutkan perjalan ke Kecamatan Tumpang. Tiba sekitar pukul 10.34 WIB dan langsung menuju makam pendiri NU didaerah tersebut yakni, makam KH. Mujazid di Desa Jeru, Kecamatan Tumpang.

Setelah ziarah, tim menuju Kantor MWCNU Tumpang untuk prosesi serah terima Bendera Merah Putih dan Panji NU. Kemudian dilanjutkan dengan arakan mobil keliling kecamatan tumpang sampai jam 14.00 WIB.

Poncokusomo
Prosesi Serah terima Bendera Merah Putih dan Panji NU dilaksanakan di Kantor MWCNU Kecamatan Poncokusumo. Suasana gerimis saat seremonial tidak mengurangi semangat pasukan kirab Panji NU dalam melaksanakan tugasnya, dibantu dengan mantel mereka sangat semangat untuk melaksanakan kirab.

Seremonial serah terima Bendera Merah Putih dan Panji NU di poncokusumo dihadiri oleh Fomkorpimcam Poncokusumo Bapak Didik Agus Mulyono, Ketua PC PERGUNU Kabupaten Malang, Ustadz Asnan dan Ketua PC Pagarnusa, ustadz saiful anam.

Setelah prosesi Serah terima selesai dilanjut dengan kirab keliling Kecamatan Poncokusumo bersama kader-kader NU, banom dan lembaga MWCNU Poncokusumo hingga maghrib, Setelah maghrib pasukan kembali ke Kantor MWCNU Poncokusumo untuk istirahat. (*)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
-- advertisement --spot_img

Jangan Lewatkan

Terkini