Jumat, September 20, 2024
spot_img

Hari Pertama, Kirab Panji 1 Abad NU, Singosari-Lawang-Pakis

NUMALANG.ID – Kirab Panji 1 Abad NU pada hari pertama yang dimulai dai Singosari menuju Lawang dan Kecamatan Pakis berjalan lancar, Jumat 27 Januari 2023.

Di Kecamatan Singosari, start Kirab Panji 1 Abad NU dari Pondok Pesantren Al-Islahiyah Menuju Masjid Bungkuk Singosari.

Selanjutnya dilakukan serah terima Bendera Merah Putih Oleh Camat Singosari dan Panji NU oleh Ketua MWCNU Singosari Kepada Tim Kirab. Setelah itu dilanjut dengan Sambutan-Sambutan, diantaranya adalah sambutan dari Wakil Bupati Malang.

“Selamat kepada adik-adik yang akan membawa keliling panji NU,” kata Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, Jumat 27 Januari 2023.

Ia berharap melalui kirab tersebut generasi muda bisa lebih mengenal ajaran Islam melalui dakwah-dakwah yang disampaikan NU.

Ia juga yakin bahwa generasi muda NU bisa berkhidmah lebih maksimal dengan adanya kegiatan kirab panji tersebut.

“Saat singgah di tempat-tempat yang telah direncanakan, isi dengan kegiatan yang bermanfaat kepada masyarakat sekitar,” ujarnya.

Di sela-sela kegiatan kirab panji juga dilaksanakan kegiatan bakti sosial berupa pembagian bingkisan sembako kepada kaum dhu’afa oleh PC Lazisnu Kabupaten Malang.

Kemudian kegiatan diakhiri dengan doa yang dibacakan oleh Rais Syuriah PCNU Kabupaten Malang KH. Zainul Arifin dan KH. Munsif Nahrowi.

Lawang
Bergerak ke Kecamatan Lawang. Setelah tiba di Lawang, serah terima Bendera Merah Putih dan Panji NU dilaksanakan di pondok pesantren Al-Qonun. Kemudian dilanjutkan dengan arak-arakan mobil mengelilingi Kecamatan Lawang.

Di beberapa titik iring-iringan mobil kirab disambut oleh banom-banom dengan diiringi drumband dari siswa MI.

Setelah itu tim kirab melanjutkan untuk ziarah ke makam KH. Khozin dan dilanjut dengan tabarukan ngaji kitab Arbain Nawawi di makam tersebut.

Pakis
Di Kecamatan Pakis, pelaksanaan Serah terima Bendera Merah Putih dilangsungkan di Kantor MWCNU Kecamatan Pakis pada Pukul 13.30 WIB. Acara seremonial selama 30 menit, kemudian dilanjut dengan ziarah ke makam pendiri NU Kecamatan Pakis di enam lokasi.

Setelah sholat maghrib, tim kirab istirahat di Pondok Pesantren Al-Ghozali, Pakis Kembar, Kecamatan Pakis.

Kirab akan dilanjutkan Sabtu, 28 Januari dengan rute Kecamatan Jabung, Tumpang dan Karangploso.(*)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
-- advertisement --spot_img

Jangan Lewatkan

Terkini