Sabtu, September 21, 2024
spot_img

MWCNU Kecamatan Pakis Bekerjasama Dengan Alumni Al-Falah Ploso Malang Raya : Gelar Majelis Taklim dan Tabligh Akbar

NUMALANG.ID., Pakis-Ahad, 5 Robiul Akhir 1444H / 30 Oktober 2022 dalam rangka menyongsong 1 Abad Nahdlatul Ulama’, MWC NU Pakis menggelar Majlis Taklim dan Tabligh Akbar bekerjasama dengan Alumni pondok pesantren Al-Falah Ploso Kediri atau yang terhimpun dalam IMAP (Ittihadul Mutakharrijin Al Falah Ploso) Malang Raya dengan mauidhoh hasanah Gus Kautsar (PP. Al Falah Ploso Kediri)  yang bertempat di Masjid Aswaja Sumber Kradenan dan dimeriahkan oleh Drumband PAC GP Ansor Kec. Pakis “Aji Sambung Roso”.

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya, Rois Syuriah MWC NU Pakis Ustad Wasi’an, Ketua Tanfidhiyah MWC NU Pakis Ustad Junaedi, S.Pd, Ketua IMAP Malang Raya Gus Mun’in Syadzily, Ketua PCNU Kab. Malang Kyai Hamim Kholili, Gus Abdurrahman Kautsar atau Gus Kautsar, hadir pula jajaran pengurus Badan Otonom (Banom) NU diantaranya Muslimat NU, Fatayat NU, GP Ansor NU, PAC IPNU IPPNU dan Lembaga NU mulai dari Laziznu, LBMNU, LTMNU, LTN NU, LDNU, dan Lesbumi NU.

Kegiatan Majelis Taklim dimulai pada pukul 08.00 wib dengan diadakan  beberapa pelatihan-pelatihan kerjasama antara MWC NU Pakis dengan Alumni Ponpes Al-Falah Ploso Kediri untuk meningkatkan kualitas pengelolaan manajemen para pengurus NU mulai dari tingkat Pimpinan Ranting (PR) hingga MWC dan PAC diantaranya adalah Pelatihan Imam Masjid dan Musholla oleh KH. Abdul Mun’im Syadzily, Pelatihan Khotib Jum’at oleh KH. M. Fadli Khozin, Pelatihan Manajemen Laziznu oleh Ustad Imam Masruri (Ketua PC Laziznu Kab. Malang), Pelatihan Manajemen Masjid Berbasis IT oleh Tim IMAP Malang Raya dan Bahtsul Masail MWC LBMNU Pakis dan IMAP Malang Raya yang bertempat di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Sumberkradenan.

Dalam pelatihan tersebut, diharapkan para pengurus lembaga NU mulai dari tingkat Ranting hingga MWC bahkan PC punya semangat saling mendukung satu sama lain sebagai bentuk Khidmat terhadap Nahdlatul Ulama’ dalam rangka menyongsong 1 Abad ini.

Gus Mun’im Syadzily dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada MWC NU Pakis telah memfasilitasi kegiatan IMAP Malang Raya karna kami mempunyai sebuah program untuk musyawarah ke semua MWC NU yang ada di Malang Raya dan dimulai dari MWC NU Pakis ini.

Ketua PCNU Kab. Malang, Kyai Hamim Kholili menyampaikan bahwasanya Pakis ini merupakan salah satu kekuatan besar NU di Kabupaten Malang karna semangat dan kekompakan yang tinggi.

Selama ini yang menjadi salah satu kunci banyaknya kader NU di Pakis adalah alumni dari PKP NU yang mencapai 700 alumni.

Majlis Ta’lim dan Tabligh Akbar diakhiri dengan mauidhoh hasanah oleh Gus Kautsar. Dalam mauidhoh hasanahnya Gus Kautsar menyampaikan bahwasanya santri iku yo ngaji yo ngopi yo ngabdi red. Santri itu Ya Mengaji, Ya Ngopi Ya Mengabdi. Maksudnya adalah Santri itu mengaji, karna basiknya santri ya itu harus-matalahah-harus buka kitab-harus musyawarah-harus mudokaroh tetapi juga kudu ngopi (Juga Ngopi), dalam artian sharing bahwa yang kita lakukan ini adalah benar tapi kebenaran yang kita yakini jangan sampai menutup mata dan hati kita bahwa ada potensi kebenaran yang lain, santri kalau tidak punya jiwa pengabdian-tidak punya jiwa khidmat, maka ini adalah sebuah pelanggaran yang luar biasa.

Penulis: Ramanda Putra Divisi Pangeran Kosasi PC Lesbumi NU Kab Malang | Editor: Moh. Ahsan Shohifur Rizal

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
-- advertisement --spot_img

Jangan Lewatkan

Terkini