Jumat, September 20, 2024
spot_img

Tim Posko Terpadu PBNU untuk Tragedi Kanjuruhan Rapat Koordinasi dengan PBNU, Begini Hasilnya

NUMALANG.ID, MALANG – Tim Posko Terpadu PBNU untuk Tragedi Kanjuruhan menggelar rapat koordinasi bersama PBNU di Kantor PCNU Kota Malang, Jl. KH Hasyim Asy’ari 21 Malang, Ahad (9/10/2022).

Rapat yang dimulai pukul 14.00 WIB dan dilakukan secara hybrid ini dibuka oleh Sekjen PBNU Syaifullah Yusuf. Gus Ipul, begitu sapaan akrabnya, menyampaikan amanat Ketua PBNU agar memberikan bantuan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.

Ketua PBNU, lanjut Gus Ipul, juga mengamanatkan acara tahlilan 40 hari almarhum secara daring, luring, maupun hybrid.

Rapat Tim Posko Terpadu PBNU kali ini dihadiri KH Ahmad Fahrur Razi (Penanggung Posko Terpadu/Ketua PBNU), KH Hamim Kholili (Ketua Posko Terpadu Bidang Data dan Santunan/Ketua PCNU Kabupaten Malang), dan KH Isrohunnajah (Ketua Posko Terpadu Bidang Crisis Center/Ketua PCNU Kota Malang). Hadir pula para pengurus harian PCNU Kota dan Kabupaten Malang.

Rapat antara lain membahas teknis pemberian santunan bagi korban yang luka ringan atau berat. Untuk wilayah Kabupaten Malang, santunan akan diberikan oleh PCNU Kabupaten Malang. Untuk yang berdomisili di Kota Malang dan Kota Batu akan diberikan oleh PCNU Kota Malang. Adapun untuk korban-korban dari wilayah lain akan diberikan oleh PCNU Kota Malang melalui PWNU Jatim.

BACA JUGA:

Bantuan untuk korban yang membutuhkan pendampingan trauma healing juga dibahas dalam rapat hai ini. Pengurus LKNU PBNU, dr Syifak, menyampaikan, korban dari Kota Malang bisa langsung menuju posko centre yang ada di Kota Malang, tepatnya di Jl. KH Hasyim Asy’ari 21.

Untuk para korban di Kabupaten Malang, tim rencananya akan mendatangi rumah mereka, supaya kesehatan mental mereka segera bisa pulih.

Sementara itu, koordinator bidang data, Yusuf Azwar Anas, melaporkan jumlah korban meninggal yang sudah tervalidasi ada 130 orang. Rinciannya, dari Kabupaten Malang 70 orang, dari Kota Malang 29 orang, Kota Batu 1 orang, dan daerah lain ada 30 orang.

Tim Posko Terpadu PBNU akan melakukan rapat lagi pada tanggal 14 Oktober 2022. Rapat yang akan berlangsung di kantor NU Kabupaten Malang itu akan melakukan sejumlah evaluasi lanjutan. []

Penulis: Muchammad Gufron | Editor: Munib Rofiqi

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
-- advertisement --spot_img

Jangan Lewatkan

Terkini