Jumat, September 20, 2024
spot_img

Program Rutinan Triwulan, MWCNU Kec. Gondanglegi Gelar Khitan Masal

NUMALANG.ID,- MALANG MWCNU Kec. Gondanglegi adakan rutinan Triwulan dengan mengadakan “Khitan Masal”. (11/9/2022) Khitan merupakan sebagian ibadah yang ditentukan oleh agama Islam. Syariat ini diwajibkan bagi umat Islam laki-laki dan menjadi salah satu tugas orang tua untuk mengkhitankan anaknya. Khitan sendiri dilakukan dengan memotong bagian atas kulit kemaluan (quluf) yang biasanya dilakukan saat masih anak-anak.

Sebagai sebuah perintah agama, kewajiban khitan sangat baik sekali jika diawali dengan doa. Dalam Kitab Hilyatun Nufus lil ‘Aris wal ‘Arus, tertulis sebuah doa ketika seseorang akan dikhitan yakni:

اَللَّهُمَّ هَذِهِ سُنَّتُكَ وَسُنَّةُ نَبِيِّكَ، صَلَوَاتُكَ عَلَيْهِ وَآلِهِ، وَاتِّبَاعٌ مِنَّا لِنَبِيِّكَ، بِمَشِيْئَتِكَ وَإِرَادَتِكَ وَقَضَائِكَ لِأَمْرٍ أَرَدْتَهُ وَقَضَاءٍ حَتَمْتَهُ، وَأَمْرٍ أَنْفَذْتَهُ، وَأَذَقْتَهُ حَرَّ اْلحَدِيْدِ فِيْ خِتَانِهِ وَحِجَامَتِهِ بِأْمْرٍ أَنْتَ أَعْرَفُ بِهِ مِنِّيْ

Allāhumma hādzihī sunnatuka wa sunnatu nabiyyika, shalawātuka ‘alayhi wa ālihī, wat tibā‘un minnā li nabiyyika, bi masyī’atika, wa irādatika, wa qadhā’ika li amrin aradtahū, wa qadhā’in hatamtahū, wa amrin anfadztahū, wa adzaqtahū harral hadīdi fī khitānihī wa hijāmihī bi amrin anta a’rafu bihī minnī.

Artinya, “Ya Allah, ini adalah sunnah-Mu dan sunnah nabi-Mu. Semoga rahmat tercurah padanya dan keluarganya. Dan kami mengikuti nabi-Mu dengan kehendak-Mu dan qadha-Mu. Karena suatu hal yang Engkau inginkan. Karena suatu hal ketentuan yang Engkau tetapkan. Karena suatu perkara yang Engkau laksanakan, dan Engkau merasakan padanya panasnya besi dalam khitan dan bekamnya karena suatu perkara yang Engkau lebih tahu dari aku.”

Hal ini menjadi landasan oleh jam’iyah Nahdlatul Ulama melalui MWCNU Kecamatan Gondanglegi Melaksanakan Bakti Sosial Khitanan Masal untuk umum. Seluruh Lembaga dan Banom NU Kecamatan Gondanglegi terlibat dalam acara ini, bertempat di Masjid Nurul Hidayah Desa Penjalinan Gondanglegi Kulon.

Acara berjalan dengan lancar diawali dengan arak arakan mengiringi peserta khitan masal, lalu dilanjutkan dengan kegiatan Triwulan MWC NU Gondanglegi sebagai wadah koordinasi dan penyelarasan program seluruh banom NU se-Kecamatan Gondanglegi. “Rutinan seperti ini memang sangat perlu dilakukan, karena untuk mengetahui  program – program serta kegiatan yang akan dilakukan setiap Banom, Lembaga dan Ranting NU se-Kecamatan Gondanglegi. Acara Khitan ini juga sebagai sarana komunikasi kami dengan masyarakat untuk hidup saling membantu antara sesama muslim”, tutur Masita ketua IPPNU ketika diwawancarai oleh tim Numalang.id.

 

Penulis : Syaifudin Zuhri (kontributor Numalang.id)

Editor: Moh. Ahsan

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
-- advertisement --spot_img

Jangan Lewatkan

Terkini