Jumat, September 20, 2024
spot_img

Ijab Sesaji hingga Kentrung Lesbumi, Keunikan Pengukuhan Pengurus PC Lesbumi NU Malang 

NUMALANG.ID, MALANG – Serangkaian acara seni dan budaya mewarnai pengukuhan Pengurus Cabang Lembaga Seni Budaya Muslimin Indonesia (PC Lesbumi) Nahdlatul Ulama, Kabupaten Malang, Ahad 5 Juni 2022.

Mengawali acara pembukaan disuguhkan seremonial ijab sesaji yang nilai filosofisnya mengandung nilai-nilai ketauhidan yang tinggi. Selain itu juga ada perform mocopat karya para wali songo.

Ditambah perform dari Kentrung Lesbumi yang mengiringi setiap pergantian acara menambah kekhasan acara yang diselenggarakan oleh PC Lesbumi Kabupaten Malang.

Dan orasi Sapta Wikrama disampaikan oleh Ki Ardi Purbo Antono yang juga Pengurus Lesbumi NU PBNU.

BACA JUGA: Ki Ardi Berharap Pengurus Lesbumi Bisa Berkhidmah kepada NU Sak Welase Sak Lawase

Ketua Panitia Pengukuhan dan Rakercab I PC Lesbumi NU, KRT, M. Yusuf D. K Tanoko, S.IP menyampaikan, tantangan Lesbumi NU saat ini adalah bagaimana mensyiarkan Islam Nusantara sekaligus menjembatani atau bersinergi dengan seni dan budaya.

“Bagaimanapun amaliah NU itu juga tak lepas dari budaya sebagaimana telah dicontohkan para wali songo,” ujar Yusuf.

Selain itu, dengan dilaksanakan pengukuhan sekaligus Rakercab I ini bisa menjadi ajang konsolidasi internal antara pengurus MWC Lesbumi NU dan PC.

Harapannya, kedepan semakin menggiatkan seniman budayawan di Kabupaten Malang.

Ketua PC Lesbumi NU Abdul Aziz Syafi’i menambahkan, momen Rakercab I ini diharapkan bisa dimaksimalkan oleh lima divisi yang ada untuk mengaplikasikan rencana strategis lima tahun kedepan untuk merangkul para seniman dan budayawan.

“Kekuatan Lesbumi NU saat ini hampir semua lini seniman budayawan terkonfirmasi. Ada dalang muda, mocopatan karawitan, membuat wayang, ukir, lukis, dan lainnya. ini semua sudah terkomunikasi,” katanya.

BACA JUGA: PC Lesbumi NU Kabupaten Malang Instruksikan Semua Pengurus Ikuti Pramistara

Selain itu, kaderisasi para anggota dan pengurus Lesbumi NU yang dikemas dalam kegiatan Pondok Pesantren Islam Nusantara juga diharapkan bisa menjadi kaderisasi struktural.

“Harapannya pengurus Lesbumi NU dan embrio Lesbumi bisa bersinergi sejak awal mulai ranting dan MWC,” pungkasnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Bupati Malang, HM Sanusi dan beberapa pengurus PCNU Kabupaten Malang, Camat dan Muspika Pakis, serta undangan dari Banom dan lembaga di PCNU Kabupaten Malang. (Hari Istiawan)

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
-- advertisement --spot_img

Jangan Lewatkan

Terkini