Jumat, September 20, 2024
spot_img

PC LPBINU Latih Tim Dapur Umum Bersama BPBD dan PMI Malang

NUMALANG.ID, MALANG – Pengurus Cabang Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (PC LPBINU) menggelar pelatihan tim dapur umum untuk mempersiapkan tim yang solid ketika diterjunkan saat terjadi bencana.

Pelatihan ini bekerjasama dengan BPBD dan PMI Kabupaten Malang, di markas PMI, Sabtu 4 Juni 2022.

Kepala BPBD Kabupaten Malang, Drs. Bambang Istiawan, SE., MM, menyampaikan bencana itu adalah urusan bersama tidak hanya BPBD, PMI, dan Dinsos saja.

“Kedepan bisa dilakukan kerjasama untuk saling bersinergi dengan LPBINU dalam penanggulangan bersama mulai dari pra-bencana, saat terjadi bencana, hingga penanganan pasca bencana,” katanya.

Pelatihan seperti tim dapur umum bisa dikembangkan ke lainnya. Sehingga ketika digerakkan tidak salah sasaran.

Misalnya, orang tersebut ahli di bidang masak tapi di tempatkan di lainnya pasti akan kesulitan.

“Karena itu ketika kita membutuhkan orang-orang yang memiliki skill tertentu, yang datang juga bisa disesuaikan dengan tenaga atau skill yang dibutuhkan di lapangan,” ujarnya.

Sementara Sekretaris PMI Kabupaten Malang, Aprilliyanto mengapresiasi adanya pelatihan tim dapur umum dari LPBINU karena bisa menambah personel di lapangan ketika terjadi bencana.

“Karena dengan wilayah Kabupaten Malang yang luas ini ketika terjadi bencana tidak bisa hanya ditangani dari BPBD, Dinsos, atau PMI saja,” kata Aprilliyanto.

Dengan adanya tambahan tim dapur umum LPBINU diharapkan bisa menambah dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat yang sedang tertimpa bencana.

Ia juga berharap tidak hanya tim dapur umum saja, tapi bidang atau divisi lain dari LPBINU juga bisa dikerjasamakan dengan instansi-instansi yang berkaitan dengan penanggulangan bencana.

Wakil Ketua PCNU KH Soleh Arifin menambahkan, LPBINU juga harus berperan aktif dalam hal penanggulangan bencana, tidak hanya penanganan saat terjadi bencana, tapi juga melakukan langkah-langkah pencegahan.

Wakil Ketua FKUB Kabupaten Malang ini juga berharap LPBINU giat menyosialisasikan pencegahan bencana seperti soal kebersihan dan sampah yang berkaitan bencana banjir.

Dalam konteks yang lebih luas terkait bencana yang skalanya besar dan tidak bisa diprediksi, LPBINU diharapkan bisa menjalin kerjasama yang erat dengan instansi terkait yang menangani bencana.

“Tim LPBINU diharapkan memiliki kesiapan mental dan menjadi warna tersendiri dalam penanganan bencana, sebab NU sendiri tidak hanya bergerak di bidang keagamanaa, tapi semua sektor ada,” katanya. (Ghufron)

Editor: Hari Istiawan

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
-- advertisement --spot_img

Jangan Lewatkan

Terkini