Jumat, September 20, 2024
spot_img

Gelar FGD, LDNU Malang Siapkan Strategi Dakwah Baru

NUMALANG.ID, MALANG — Pimpinan Cabang Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (PC LDNU) Kabupaten Malang menyiapkan strategi baru dalam berdakwah.

Ketua Multimedia LDNU, Muhammad Suli, mengatakan, yang utama dari strategi tersebut adalah mengoptimalkan dakwah digital menggunakan platform media sosial dan website.

“Untuk menunjang penguatan dakwah, LDNU juga merencanankan pelatihan dai di Kabupaten Malang,” ungkap Muhammad Suli dalam Focus Group Discussion (FGD) Strategi Dakwah dan Peresmian Multimedia, Sabtu, 28 Mei 2022.

Berlangsung di Aula Kantor PCNU Kota Malang, acara tersebut dipandu Moh. Subianto, M.Cs. Sedangkan Dr. Mahpur, M.Psi. (aktivis Gusdurian Malang) dan Dr. Luluk Farida Mukhtar (Wakil Ketua LDNU Kab Malang) didapuk menjadi narasumber.

Terkait strategi baru yang akan dijalankan, Mahpur menyebut LDNU harus mengaktivasi aset -aset dan potensi NU.

Talenta-talenta muda NU juga harus diaktifkan, diberdayakan, sehingga dakwah NU dapat bersinergi dengan masyarakat. Baik dakwah digital maupun konvensional.

“Menyampaikan kebaikan dengan cara yang baik, memberikan kesempatan bagi setiap orang terlayani untuk berdaya. Itulah dakwah masa kini yang perlu dijangkau para dai,” tuturnya.

Harapan serupa disampaikan KH Imron Rosyadi Syarif, Ketua LDNU Kab Malang. “Goal FGD ini adalah para hadirin, ustadz, para dai memiliki pemahaman yang sama dalam menjalankan dakwah di Kabupaten Malang,” ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, keberadaan multimedia harus dioptimalkan pemanfataannya untuk mendukung gerakan dakwah agar pesan-pesan dakwah lebih banyak diterima oleh masyarakat luas.

Sementara itu, penasihat LDNU Kab Malang, M. Iksan, menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi semua potensi gerakan dakwah dengan cara-cara yang cerdas.

Penasihat LDNU Kan Malang, M. Iksan, saat menyampaikan pemikirannya di hadapan para peserta FGD LDNU Kabupaten Malang, 28 Mei 2022.

“Kita juga harus memanfaatkan media-media dengan kemasan yang lebih inovatif dan menarik sesuai perkembangan zaman,” ucapnya.

Meski begitu, ia mengingatkan bahwa tradisi atau kultur lokal (local wisdom) yang masih relevan tetap harus dijaga dan dirawat sebagai media gerakan dakwah.

FGD) Strategi Dakwah dan Peresmian Multimedia berjalan lancar. Acara diawali pembukaan, menyanyikan Indonesia Raya dan Subhanul Wathon. Setelah itu FGD dan diakhiri dengan doa.

Menurut catatan Sekretaris PC LDNU Kab Malang, Gus Dhowi, FGD melibatkan sekitar 150 peserta. Mereka antara lain dari PCNU Kab Malang, Wakil Sekretaris PCNU Malang, PC LDNU Kab Malang. MWC LDNU se-Kabupaten Malang juga hadir.

“Ada juga para ketua dan sekretaris lembaga, IPNU, dan IPPNU, Fatayat,” kata Gus Dhowi. (*)

Penulis: Muchammad Ghufron dan M. Ahsan Shohifur

Editor: Munib Rofiqi

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
-- advertisement --spot_img

Jangan Lewatkan

Terkini