Jumat, September 20, 2024
spot_img

Ini Pesan PW LPBI NU Soal Peran Penting NU dalam Penanggulangan Bencana

NUMALANG.ID, Malang – Pengurus Cabang Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) Nahdlatul Ulama Kabupaten Malang, menggelar Semiloka Kesiapsiagaan Bencana (HKB), Ahad, 17 April 2022.

Semiloka tersebut diselenggarakan dalam rangka memeringati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2022.

Wakil Ketua PW LPBI NU Jatim Rurid Rudianto, S.T menjelaskan, peran NU dalam penanganan bencana bukan hanya respons bencana, tetapi juga turut mengedukasi masyarakat sebagai upaya mitigasi.

“Setiap banom memiliki tugas fungsinya masing-masing. Yang paling penting untuk dikuasi NU adalah mengenali potensi bencana di wilayah masing-masing. Peran NU dalam kebencanaan tidak perlu dipamerkan, cukup manfaatnya yang bisa dirasakan masyarakat,” pesan Rurid yang didapuk sebagai pemateri dalam semiloka ini.

Sedangkan Wakil Sekretaris PC LPBI NU Kabupaten Malang, M. Rihal Irsyada yang menyampaikan pentingnya media dan infografis dalam kebencanaan.

Selain menyediakan informasi terkait info kebencanaan juga sebagai media untuk mengedukasi masyarakat utamanya tentang kebencanaan, juga menjadi medium untuk mengumpulkan donasi dan relawan.

“NU sebagai warga masyarakat yang menjadi mayoritas, kenyataannya memiliki kekurangan utamanya dalam media karena kurangnya publikasi. Karenanya, perlu pengelolaan informasi yang massif oleh NU,” kata Rihal.

Peserta Semiloka bertajuk “Peran NU Dalam APG Semeru dan Gempa Malang” yang diselenggarakan Lakpesdam NU Malang.

Kegiatan semiloka di Balai Desa Simojayan, Ampelgading ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Malang, Dinas Ciptaker, BPBD Kabupaten Malang, Korbid PC NU Kab. Malang, Penasihat PC LPBI NU Kab. Malang, PC NU Kab. Malang beserta Banom (Muslimat, Ansor, Fatayat, IPNU, IPPNU), Bagana (Banser Tanggap Bencana), Camat Ampelgading, MWCNU Ampelgading, MWCNU Tirtoyudo, MWCNU Dampit, Kepala Desa Simojayan, NU Backpacker Malang Raya, Mapala Unira, dan IAI AL-Qolam.

Semiloka yang bertajuk “Peran NU Dalam APG Semeru dan Gempa Malang”ini disambut baik oleh Kepala Desa Simojayan dan mengapresiasi kegiatan ini.

Sementra Kepala PC LPBI NU, Abdul Basyid dalam sambutannya mengajak seluruh Bbanom NU untuk bersinergi dengan LPBI NU terutama yang terkait dengan penanggulangan bencana dengan tetap sesuai dengan tupoksi masing-masing.

“LPBI NU juga berkomitmen bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Malang dan BPBD Malang,” pungkasnya. (*)

Editor: Hari Istiawan

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
-- advertisement --spot_img

Jangan Lewatkan

Terkini