Jumat, September 20, 2024
spot_img

Ramadan, Bulan Dimana Kitab-kitab Agama Samawi Diturunkan

*Oleh: Ikbar Zakariya

BULAN Rajab dan Sya’ban telah kita lalu bersama dengan ujian Pandemi Covid-19. Patut kita syukuri bersama Allah SWT masih memberikan rahmatnya kepada kita untuk bisa menemui bulan suci Ramadan, tentunya masih dibayang-bayangi pandemi.

Semoga Allah SWT senantiasa memberi kita kesehatan dan mengampuni seluruh dosa saudara-saudara kita yang telah lebih dulu menghadap-Nya.

Tahun ini mungkin agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena adanya pandemi, kita diharuskan untuk menerapkan pembatasan sosial (social distancing) dan menjaga jarak fisik (physical distancing).

Meskipun begitu, melansir dari nuonline jatim, ketua PBNU mengimbau agar masyarakat menyambut Ramadhan dengan suka cita.

PBNU juga mengingatkan bahwa shalat berjamaah wajib maupun sunnah di masjid bukan lagi suatu hal yang dilarang asal tetap mematuhi protokol kesehatan. Bukan tanpa alasan, hal ini dilakukan semata-mata untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19.

Kendati demikian, euforia Ramadan jangan sampai luntur, ya! Masih banyak, kok, ibadah-ibadah lain yang bisa kita lakukan untuk memeriahkan bulan suci Ramadan, di antaranya adalah dengan memperbanyak membaca Alquran.

Kitab suci Alquran turun tepat pada malam lailatul qodar. Malam tersebut berada di antara malam-malam di bulan Ramadan.

Namun, sudah tahukah Anda kapan kitab suci Injil, Zabur, dan Taurat diturunkan?

Jawabannya telah dijelaskan dalam kitab Durratun Nashihin karya Syaikh Ustman bin Hasan bin Ahmad As-Syakir Al-Khoubawi. Di dalam kitab itu terdapat sebuah Hadis:

وَ عَنْ النَبِيِّ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ: نَزَلَتْ صُحُفُ إِبْرَاهِيْمَ عَلَيْهِ الصَلَاةُ السَّلَامُ أَوَّلَ لَيْلِةٍ مِنْ رَمَضَانَ، وَأُنْزِلَتْ التَّوْرَاة لِسِتٍّ مِنْ رَمَضَانَ، والإنْجِيْلُ لِثَلَاث عَشْرَةَ، وَالزَّبُوْرُ لِثَمَانِي عَشرَة مِنْ رَمَضَان، والقُرْآن لأَرْبَع وَعِشْرِيْن

Nabi Muhammad saw. bersabda: “Telah diturunkan shuhuf kepada Nabi Ibrahim as. pada malam pertama bulan Ramadan. Kitab Taurat diturunkan pada malam ke-6 Bulan Ramadan. Adapun Kitab Injil diturunkan pada malam ke-13 bulan Ramadan. Kitab Zabur diturunkan pada malam ke-18 bulan Ramadan, dan Kitab Alquran diturunkan pada malam ke-24 bulan Ramadan‘.” (Syaikh Ustman bin Hasan bin Ahmad As-Syakir Al-Khoubawi, Durratun Nashihin, hal. 7)

Sebagaimana Allah Swt. menurunkan Alquran pada bulan Ramadan, dari Hadis di atas dijelaskan bahwa Kitab Injil, Zabur, dan Taurat juga diturunkan pada bulan Ramadan. Tidak hanya keempat kitab itu saja, Shuhuf Nabi Ibrahim as. juga diturunkan pada bulan istimewa tersebut.

Ilustrasi. Simbol agama-agama samawi. Foto:

Kitab Taurat
Kitab Taurat diturunkan Allah swt. kepada Bani Israil melalui utusan-Nya yaitu Nabi Musa as. pada tanggal 6 Ramadan di puncak Gunung Thursina.

Nama Taurat sendiri berasal dari Bahasa Ibrani yaitu Toharah’ yang berarti perintah, ajaran, dan hukum. Kitab ini berisikan hukum-hukum syariah, akidah, dan kabar gembira akan datangnya seorang nabi dari keturunan Nabi Ismail as. yaitu nabi kita Muhammad saw.

Perlu diketahui bahwa kondisi Kitab Taurat yang ada saat ini tidak lagi murni. Isi Kitab Taurat telah diubah oleh Ahli Kitab (Yahudi). Hal ini diterangkan dalam kitab Al-Jawahir Al-Kalamiyah halaman 15.

Kitab karya Syaikh Thahir bin Shalih Aljazairi itu menyebutkan di antara bukti bahwa Taurat isinya telah berubah adalah tidak disebutkannya tentang surga, neraka, hari kebangkitan dari kubur, hari perkumpulan di Padang Mahsyar, dan juga hari pembalasan.

Padahal itu semua merupakan perkara penting yang selalu disebutkan di kitab-kitab ilahiah. Termasuk di antara bukti yang lain yaitu terdapat perubahan tentang masalah wafatnya Nabi Musa as. di bab akhir.

Kitab Injil
Kitab Injil diturunkan Allah swt. kepada kaum Nasrani melalui Nabi Isa as. pada tanggal 13 Ramadan. Nama Injil diambil dari Bahasa Yunani yaitu euaggelion yang berarti kabar gembira.

Alasan kenapa kata euaggelion dipakai adalah karena Injil memberitakan sebuah kabar gembira tentang akan datangnya seorang utusan Allah swt. terakhir bagi alam semesta, yaitu Nabi Muhammad saw.

Selain itu, Kitab Injil juga berisikan ajakan untuk mengesakan Allah Swt, menghapus sebagian isi kitab Taurat, dan menggantinya sesuai dengan keadaan pada masa itu.

Sebagaimana Kitab Taurat, menurut ulama pakar, kondisi Kitab Injil pada zaman ini di tangan para Ahli Kitab (Nasrani) telah mengalami perubahan.

Injil yang ada saat ini terdiri dari empat jenis yang dikarang oleh empat orang Ahli Kitab yang tidak pernah bertemu dengan Nabi Isa as. sama sekali.

Mereka adalah Matta (Matius), Marqaz (Markus), Luqa (Lukas) dan Yuhana (Yohanes). Empat jenis injil ini dinamakan sesuai dengan nama pengubahnya masing-masing.

Adapun keempat jenis Injil tersebut isinya saling bertentangan satu dengan yang lainnya dalam banyak hal.

Sekitar seratus tahun setelah Nabi Isa as. diangkat ke langit oleh Allah, orang-orang Nasrani mengganti isinya dan merusaknya hingga menjadi lebih dari empat jenis Injil ini dengan tujuan menyelamatkannya dari banyaknya pertentangan dan perbedaan.

Keterangan ini diuraikan dalam Kitab Al-Jawahir Al-Kalamiyah halaman 16.

Kitab Zabur
Kitab Zabur diturunkan Allah swt. kepada Bani Israil melalui Nabi Daud as. pada tanggal 18 Ramadan di Palestina. Hal ini juga dijelaskan dalam Al-Quran surah An-Nisa ayat 163.

Dalam Alquran, Kitab Zabur disebutkan dalam bentuk mufrad dan jamak yaitu zabuur dan zubur. Lafaz zabuur (mufrad) disebutkan dalam tiga ayat dalam Alquran, sedangkan lafaz zubur (jamak) disebutkan pada sembilan ayat.

Isi kitab Zabur di antaranya sekumpulan zikir, nasihat, serta hikmah. Di dalamnya tidak terdapat hukum syariat karena Nabi Daud As. diperintahkan untuk mengikuti syariat Nabi Musa as.

Kitab Al-Quran
Kitab Al-Quran diturunkan Allah Swt. kepada Nabi Muhammad Saw. pada tanggal 24 Ramadan di Gua Hira’. Al-Quran adalah mukjizat sekaligus bukti terbesar kenabian Rasulullah Muhammad saw. Al-Qur’an disebut demikian sebab keberadaannya sebagai ayat ‘aqliyah yang abadi sepanjang masa dan dapat direnungkan setiap saat dengan akal pikiran.

Berbeda dari kitab-kitab suci sebelumnya yang hanya berlaku bagi suatu kaum tertentu, Al-Quran bersifat universal. Isi dari kitab ini berlaku bagi seluruh umat manusia.

Alquran merupakan kitab ilahi yang paling akhir diturunkan dan menghapus masa berlaku kitab-kitab sebelumnya. Hukum yang ada dalam Al-Qur’an berlaku hingga hari kiamat.

Dan Allah Swt. telah menjamin keaslian dan kemurnian Al-Qur’an sehingga tidak ada yang bisa mengubahnya hingga akhir zaman kelak sebagaimana tercantum dalam firman-Nya:

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإنَّا لَهُ لَحٰفِظُوْن

Artinya: “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Alquran dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya,” (QS. Al-Hijr: 9)

Berdasarkan uraian di atas, dapat kita ketahui adanya kaitan erat antara Ramadan dan kitab-kitab Allah Swt. Oleh karena itu, Ramadan disebut sebagai bulan yang mulia, bahkan lebih mulia dari seribu bulan.

Marilah, kita sebagai umat Islam yang sangat bahagia menyambut tibanya bulan Ramadan, kita perbanyak bacaan Al-Qur’an serta ibadah-ibadah dan amal saleh yang lain.

Insyaallah dengan keutamaan Ramadan, pahala yang kita dapat akan dilipatgandakan. Dan dengan kemuliaan Ramadan pula, semoga pagebluk virus korona segera terselesaikan. Amin ya rabbal alamin. (Ikbar zakariya)

*) Penulis adalah Pengurus LTN NU Kabupaten Malang masa khidmah 2021-2026.

spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
-- advertisement --spot_img

Jangan Lewatkan

Terkini